Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Terkait Mudik 2021

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Anies Baswedan, memberikan pernyataan resmi mengenai sikap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait mudik tahun 2021.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Anies seusai menandatangani paket kontrak (Contract Package CP203) kerja sama pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Fase 2 di Jakarta, Selasa (20/4/2021).

Pemerintah tengah membahas aturan pengendalian pergerakan penduduk pada masa libur lebaran nanti.

Anies mengatakan, kebijakan pengendalian pergerakan penduduk ini nantinya akan terintegrasi antara pusat dan daerah.

"Saat ini tengah dibahas dan pengendalian pergerakan penduduk itu lintas wilayah. Seperti teman-teman ketahui batas kota Jakarta secara adminsitartif itu ada. Tetapi pergerakan penduduk luar biasa intensif," ujar Anies.

Kini, Pemprov DKI Jakarta masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat terkait kebijakannya secara rinci.

Anies memastikan, Pemprov DKI Jakarta siap dan akan mendukung langkah terkait pencegahan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Tidak lupa, Anies pun menghimbau masyarakat untuk memprioritaskan keselamatan dengan disiplin menjaga diri dan mengurangi pergerakan masyarakat.

Video Editor: Febi Ramdani

Komentar

  1. nani sari

    nani sari2 bulan yang lalu

    Pak Anies tahun 2020 THR untuk PNS DKI dihapus😭😭😭apakah THR tahun 2021 untuk PNS DKI dihapus lagi pak😭😭😭lebih baik dana untuk penyelenggaraan formula 1 dialokasikan untuk membuka lapangan pekerjaan di DKI,padat karya untuk pemuda ,bantuan kredit untuk modal usaha untuk warga Jakarta dan THR untuk PNS di DKI🙏🙏🙏

  2. m yusup

    m yusup2 bulan yang lalu

    Udah ga ada lompatan lagi covid pak. Tuh lihat di negara asalnya wuhan sudah menggelar konser. Knapa di kita masih was was..

  3. Juna Irwan

    Juna Irwan2 bulan yang lalu

    Emang dia gubernur ya😁😁 Tak kira admin lambe turah wkwk

  4. Fandi Putra

    Fandi Putra2 bulan yang lalu

    Saya juga bisa kalau skdr ngatur2 doang mah.

  5. Iip Saputra

    Iip Saputra2 bulan yang lalu

    Para pejabat Mana tau rasanya lebaran di kota orang punya duit pas Pasan jauh kaga ada kelurga sama Sodara. Kalo belum coba rasain. Rasanya aaaaaaaahhhh Asemmm

  6. Rohmat Gie

    Rohmat Gie2 bulan yang lalu

    Apalagi orang ini...cuma pintar ngemeng doang

  7. ሀጫሉ ሁንዴሳ

    ሀጫሉ ሁንዴሳ3 bulan yang lalu

    Anies Baswedan adalah role model contoh yang baik bagi saya mengelola pemerintahan Kab. Bandung Barat (Hengky Kurniawan, Plt. Bupati Bandung Barat)

  8. ሀጫሉ ሁንዴሳ

    ሀጫሉ ሁንዴሳ3 bulan yang lalu

    Anies Baswedan adalah role model contoh yang baik bagi saya mengelola pemerintahan Kab. Bandung Barat (Hengky Kurniawan, Plt. Bupati Bandung Barat)

  9. Herma Lia

    Herma Lia3 bulan yang lalu

    Gk peduli saya pak.. Buat buat tapi tidak berpikir pakek logik wkwkwk..lucu yaa pak gubernur 😂oke lah lebaran gk pulang dari tgl 6-17 nahh setelah itu blh pulang kan!! Yaaa sama aja,mobil tetap penuh,tetap bisa pulang,ketemu org tua,sehat dari ujung rbut pek ujung kaki,gk ada yg patah²,gk ada yg peot² dan sampai tujuan dgn selamat.terus apa beda nya klau tidak di boleh kan mudaik sama di boleh kan mudik dgn tgl yg berbeda,tetap pulang,mobil bus penuh,kereta api penuh,pesawat penuh.sama aja gk ada beda nya???

  10. wong ndeso

    wong ndeso3 bulan yang lalu

    Emang lu mau nanggung makan orang2 yang tak mudik?

  11. abu amirahfakhira

    abu amirahfakhira3 bulan yang lalu

    masya allah pak anies baswedan...👍👍👍🙏

  12. Mujalli Mujalli

    Mujalli Mujalli3 bulan yang lalu

    Kalau.di boleh.kn.bujur.kn.aja.klau.gk.blh..di..offf.covit tu isuh.jk.

  13. Մերի Մնջոյան

    Մերի Մնջոյան3 bulan yang lalu

    I have to admit that jakarta’s crisis management deserves high appreciation....selevel lah dgn singapura, setidaknya dr aspek penerapan sains dan pengambilan langkah2 sistematis. cuma beda di infrastruktur dan otoritas aja

  14. Ziana Zein

    Ziana Zein3 bulan yang lalu

    ra mutu blas

  15. anto

    anto3 bulan yang lalu

    Libur,gk boleh mudik,dan perhari keluar uang utk biaya hidup,hedehhhh

  16. Melati Ammeliano

    Melati Ammeliano3 bulan yang lalu

    Mudah2an Allah memudahkan jalan umat Muslim yg mau sungkem ke ibu & bapakny dikampung. Dan memberikan azab & cobaan yg berat, seberat beratnya cobaan dr Allah bagi mereka manusia yg terus menghalang-halangi jalan bagi umat muslim yg mau sungkem memohon maaf ke ibu & bapaknya dikampung yg selalu mendoakan kesuksesan anak2nya bekerja di ibu kota. AMIN 🤲

  17. wahab faza

    wahab faza3 bulan yang lalu

    Bos di siplin dengan agaran bos biyar gk burus .

  18. rahmat syam

    rahmat syam3 bulan yang lalu

    Hiduuuuppp Covid...

  19. Ikbal Maulana

    Ikbal Maulana3 bulan yang lalu

    Covid², kumpul², dahlah pusing 😂 mau mudik susah euy padahal kan gw gak niat bawa penyakit ke keluarga ,, Dan manusia mana sih yg mau ngasih penyakit ke keluarga sendiri coba , kan mudik juga sambil mengkitu protokol kesehatan kakka 😂

  20. Arif Celsi

    Arif Celsi3 bulan yang lalu

    Ges nis lah tong loba omong

  21. Dyra Khalifa

    Dyra Khalifa3 bulan yang lalu

    muak muak muak sm media

  22. TUNTAS

    TUNTAS3 bulan yang lalu

    Mall semua dibuka ‼️ pariwisata rame2an dibuka ‼️sedangkan sekolah yg penting diturup ❗ memang mall dan pariwisata ngga nimbulin krumunan, trus kalo gitu kenapa mudik dilarang⁉️ aturan ada peraturan yg lebih bijak contoh boleh mudik tapi dengan protokol kesehatan dengan pengecekan suhu atau swab antigen setiap perjalanan baik itu saat berangkat ataupun ketika udh sampai di kampung halaman. Dan setelah itu melakukan karantina. Kalo bgini pemerintah sama saja mementingkan diri sendiri. Mana ada pemerintah mudik, orang pemerintah rata2 keluarganya ngga ada yg dikampung udh menetap di Jakarta bahkan rumah di Jakarta. Pikirkan jika anda anak rantau yg udh lama ngga ktemu kluarga. Mau mudik kapan ktemu kluarga ? Taun depan nya? Mang taun depan dijamin masih idup ? Yakin taun depan ngga bgini lagi?

  23. Taniya Family

    Taniya Family3 bulan yang lalu

    Woyyy corona bukan penyakit...tapi aturan2 nya yg jadi penyakit....

  24. uchiha itachi

    uchiha itachi3 bulan yang lalu

    klw ngomong sih enak

  25. IKSSS Videos

    IKSSS Videos3 bulan yang lalu

    Mudik itu gak berkerumun ngapain dilarang... Kerumunan pasar yang dilarang harusnya...

  26. Sing Kong

    Sing Kong3 bulan yang lalu

    Mau gak mau kita harus berdamoingam sama covid.....mau sehat kog gak mau sakitnya...hahahahaha

  27. Sing Kong

    Sing Kong3 bulan yang lalu

    Kayaknya setiap tahunya akan di agendakan nih larangan mudik

  28. Sing Kong

    Sing Kong3 bulan yang lalu

    Bukan tahun ini aja pak..tahun kmaren jga ada larangan mudik

  29. Kabul Joys

    Kabul Joys3 bulan yang lalu

    Paan si yg diomongin. Kaga mudeng😂

  30. Sunandar Nandar

    Sunandar Nandar3 bulan yang lalu

    Pak anies..saya pekerja harian lepas kebetulan tempat kerja saya tutup...apakah orang seperti saya di perbolehkan pulang kampung daripada saya jadi pengangguran di wilayah bapak...saya tidak mudik..saya hanya mau pulang dan tak balik lagi ke jakarta..beda sama yg mudik..

  31. Agus Triyono

    Agus Triyono3 bulan yang lalu

    Yg di bla2 in g mbela kita😂😂😂 gas pol mudik pokoe

  32. Doni Rahman Dani

    Doni Rahman Dani3 bulan yang lalu

    Pemerintah mah iri ajh sama masyarakat Indonesia kalo iri bilang bos

  33. Asep Setiawan

    Asep Setiawan3 bulan yang lalu

    Mungkin menurut pemrintah, corona adanya kalau kita mudik dan ketemu sama keluarga, Kalau di tempat wisata dan kompanye pilkada tidak ada corona.

  34. Achenk Soekamty

    Achenk Soekamty3 bulan yang lalu

    Virus politik

  35. Eka Setiawan

    Eka Setiawan3 bulan yang lalu

    Kenapa covid mutasinya tgl 6 mei s/d 17 mei. Kalau tgl lain. Covid di karantina...

  36. Lani Nurel

    Lani Nurel3 bulan yang lalu

    emang menasehati lbih gampang daripada ngejalani nyatanya kemarin kumpul2

  37. Ardi Ard

    Ardi Ard3 bulan yang lalu

    Wes angel2 🙄🙄 rak tak pikir 😌

  38. Eka Hardy

    Eka Hardy3 bulan yang lalu

    Orang mudik tanggal 4-5 woi

  39. Sis Semongko

    Sis Semongko3 bulan yang lalu

    kapan selesai ny kalau begini terus

  40. masfa PCTN

    masfa PCTN3 bulan yang lalu

    Hari2 biasa mudik gak ada masalah giliran mau lebaran di persulit maunya apa si

  41. JAWA SUNDA JASUN

    JAWA SUNDA JASUN3 bulan yang lalu

    Bicara cobaan taun ini emang taun lalu bukan cobaan belum lagi cobaan taun yang akan datang bisa jadi hatrick inimah

  42. Lychee Ichi

    Lychee Ichi3 bulan yang lalu

    Rusak gra dia

  43. Agus Gumelar

    Agus Gumelar3 bulan yang lalu

    Kalau bikin aturan pada pinter,kalau di tagih janji mah pada mingkem 🙏

  44. Siti Aisyah

    Siti Aisyah3 bulan yang lalu

    rakyat mati karna banyak aturan bkan mati karna kovid

  45. Sopian Iyang

    Sopian Iyang3 bulan yang lalu

    D siplin kmu sendiri yg melanggar

  46. Opay Parid

    Opay Parid3 bulan yang lalu

    Ngapain pake masker ga ga ada guna nya lu

  47. Arie Hid

    Arie Hid3 bulan yang lalu

    Mudik ke Jawa kalo jalan kaki masih dilarang gak yaa.. Kebangetan amat... Lu

  48. Ari Riswana

    Ari Riswana3 bulan yang lalu

    anying saripit kabeh made in china kayanya sok ngatur2 rakyat

  49. Sumiati Tarman

    Sumiati Tarman3 bulan yang lalu

    Covid matamu suwek nis

  50. Asoka Wati

    Asoka Wati3 bulan yang lalu

    Lh km aja krumunan. Nglarang orang mudik 🤣😂

  51. Nurmala _Sari

    Nurmala _Sari3 bulan yang lalu

    Sempet pulang kampung juga kemaren ke kuningan

  52. Sarwono Wowo

    Sarwono Wowo3 bulan yang lalu

    Halaa kgiatan harian wrga jkrta aja sdh padat .. noohh lihat kereta krl pagi dan sore bejubel penumpangnya.. apa itu gak lebih bhaya penularannya..? 😂😂

  53. Regay Ano

    Regay Ano3 bulan yang lalu

    Tolong pak gubernur, larang juga tempat hiburan, mall, wisata dll yg sifatnya pengumpulan masa atau kerumanan... Kan sama aja itu bawa virus klo c19 masih ada... Mudik ga boleh krn bawa virus takutnya. Tapi pergi ke tempat hiburan dll dilarang juga biar rakyat tau masih aada mengantisipasi V-C19

  54. Egie Reddevilz

    Egie Reddevilz3 bulan yang lalu

    Haa covid

  55. Mangun Priyanto

    Mangun Priyanto3 bulan yang lalu

    Alahh udah padaa apa lgii.. Indonesia udah kacau balau.. Pemerintah ga jelas.. Dancok lah. Udah tadisii dri dluu mudik,takbiran.. Skrng malah di larang semuaa.. Ehh pemerintah Nt mau matii in masyarakat.

  56. Yayaz Andika

    Yayaz Andika3 bulan yang lalu

    Bukan mudiknya d larang kerumunan yg d larang seperti tempat pariwisata bioskop mall itu yg rawan,danau Sunter aja tiap minggunya membludak orangnya dan ngga ada tindakan

  57. Yayaz Andika

    Yayaz Andika3 bulan yang lalu

    Pariwisata d buka lucu

  58. fans yoko snex

    fans yoko snex3 bulan yang lalu

    yang bahas covid cuma pemerintah doang. semua grup medsos hingga obrolan warung kopi udah ga ada yang peduli covid.

  59. Zian Riski

    Zian Riski3 bulan yang lalu

    Klo mau izinin mudik aja pak.. Yakin rakyat banyak yg dukung.. Khusu pak anis aja yg kontra.. Yg lain biarin pro smua.. Hehe

  60. Setia Aji

    Setia Aji3 bulan yang lalu

    Sabar sabar masih gw liatin

  61. პაატა ბურჭულაძე

    პაატა ბურჭულაძე3 bulan yang lalu

    Bagi Teman-Teman Yang Ingin Pulang Kampung, Ikuti Cara Saya Sewa Bus Wisata, Lalu Tulis Di Kepala Bus "ROMBONGAN TKA CHINA" Anda Aman Sampai Tujuan

  62. JAJANG NURJAMAN

    JAJANG NURJAMAN3 bulan yang lalu

    Coba ijinin mudik pa anis pasti di pilih jadi persiden nanti kalo kaya gini malas masyarakat nya buat milih

  63. joko ta uuk

    joko ta uuk3 bulan yang lalu

    hadeh,....Kok ganggggggggu nih orang,

  64. Wong Kecepit

    Wong Kecepit3 bulan yang lalu

    Gemana covid mau ilang tiap.menit tiap detik yg di bahas covid2 trss..

  65. Nandiko Adi Saputra

    Nandiko Adi Saputra3 bulan yang lalu

    Alah gausah nunggu dari pusat, nanti di daerah beda lagi aturanya pastii. Gudall eheee.

  66. rokez

    rokez3 bulan yang lalu

    aaaah bagen cm pinter omdo lo wan aibon !!!

  67. BlackReds Tv

    BlackReds Tv3 bulan yang lalu

    Aaaaaammmmmpuuunnnn dah sekarang pemerintah pada ribut nya covid" mulu itu yang koruptor juga virus lebih bahaya dari pada covid ko enga di ributin ampun, jelas" koruptor udah memvirus negri ini siapa yang berani ributin virus koruptor??

  68. BlackReds Tv

    BlackReds Tv3 bulan yang lalu

    @endik bayusuta iya juga sih hehehe

  69. endik bayusuta

    endik bayusuta3 bulan yang lalu

    Orang pemerintahnya banyak yg korupsi ya ga mungkin dibahas

  70. arif wibowo

    arif wibowo3 bulan yang lalu

    Tahun ini tahun ujian menghadapi wabah. Lah tahun kemarin apaan dong?

  71. arif wibowo

    arif wibowo3 bulan yang lalu

    @Bogel Oren's Amin

  72. Bogel Oren's

    Bogel Oren's3 bulan yang lalu

    Tahun cobaan, kang. Semoga tahun depa menjadi tahun kelulusan...

  73. Etnis Rahardjo

    Etnis Rahardjo3 bulan yang lalu

    Kasian perantau om. Biarpun mudik jg tekor. Ttp aja bertemu klrga adl kebahagian mereka. Kasian om pemilik bus. Gak bs cuan. Lain klo travel.

  74. Wahyu Krisna

    Wahyu Krisna3 bulan yang lalu

    😏

  75. wong brebes

    wong brebes3 bulan yang lalu

    Ngemeng doang lu nis...takut SMA Corona. Kita rakyat Indonesia akan selalu berkumpul berkerumun

  76. პაატა ბურჭულაძე

    პაატა ბურჭულაძე3 bulan yang lalu

    I have to admit that jakarta’s crisis management deserves high appreciation....selevel lah dgn singapura, setidaknya dr aspek penerapan sains dan pengambilan langkah2 sistematis. cuma beda di infrastruktur dan otoritas aja

  77. პაატა ბურჭულაძე

    პაატა ბურჭულაძე3 bulan yang lalu

    I have to admit that jakarta’s crisis management deserves high appreciation....selevel lah dgn singapura, setidaknya dr aspek penerapan sains dan pengambilan langkah2 sistematis. cuma beda di infrastruktur dan otoritas aja

  78. პაატა ბურჭულაძე

    პაატა ბურჭულაძე3 bulan yang lalu

    I have to admit that jakarta’s crisis management deserves high appreciation....selevel lah dgn singapura, setidaknya dr aspek penerapan sains dan pengambilan langkah2 sistematis. cuma beda di infrastruktur dan otoritas aja

  79. Wong Ndeso pol

    Wong Ndeso pol3 bulan yang lalu

    Orang ini klo masalah ngomong sih jago..nomor satu👍 Tapi kagak bisa kerja

  80. Jayanti

    Jayanti3 bulan yang lalu

    Ajarin dong...ente yg pinter

  81. wong brebes

    wong brebes3 bulan yang lalu

    So pinter tapi nyata nya. Ga. Bisa kerjq

  82. Ni'matul Maula

    Ni'matul Maula3 bulan yang lalu

    *abud bud bud bud bud bud bud bud bud bud bud bud bud bud bud bud bud bud bud 😁😀😂.*

  83. Wawan Hermawan

    Wawan Hermawan3 bulan yang lalu

    Usut tuntas DP rumah 0%!!

  84. Bogel Oren's

    Bogel Oren's3 bulan yang lalu

    Kebanyakan makan kolak pisang ame rebung, jadi kagak nyambung

  85. Ali Alkatiry

    Ali Alkatiry3 bulan yang lalu

    Bahas apa..die komen apeee??apa yg diusut tuntasss mas brooo

  86. Heri BM

    Heri BM3 bulan yang lalu

    Semua gubernur di indonesia itu sebenarnya pinter2 dan berpendidikan tinggi tapi mudah dibodohi

  87. Wong Ndeso pol

    Wong Ndeso pol3 bulan yang lalu

    Pinternya ngebacot doang😎

  88. Roy junet

    Roy junet3 bulan yang lalu

    Coba pak anis nentang masalah mudik tahun ini,..,.pasti nama pak anis bayak pendukung yah

  89. Jarwoko Doyok

    Jarwoko Doyok3 bulan yang lalu

    Gak ada covit ada e klau di swf

  90. Haris Wdd

    Haris Wdd3 bulan yang lalu

    Mudik ngompul sama orng tua nga mudik ngumpul sama orng banyak

  91. bolang kecapi umeb

    bolang kecapi umeb3 bulan yang lalu

    Jakarta macet pak dah kembali sperti semula ? Kalo masih percaya corona lockdon aja

  92. Astrid Naina

    Astrid Naina3 bulan yang lalu

    Wis angel angel tenan diri mu GX ngerti pak

  93. Martinus Barus

    Martinus Barus3 bulan yang lalu

    Segera proses khasus mega korupsi Anis basedan. Di mna polisi.pengadilan dan BPK..jgn bodohi dan bohongi dgn tipu2 karangan narasi mulut Aniss.kemblikan uang rakyat

  94. NGAWUR CHANEL

    NGAWUR CHANEL3 bulan yang lalu

    Cerdas banget pak Anis. Wisata. Mall di buka. Sekolahan di tutup. Anda memang cerdas. 😀

  95. Doni Setiawan

    Doni Setiawan3 bulan yang lalu

    Ya Allah saya udh ikhlas dngn larangan mudik mudah2n selamanya aktftas mudik lebaran udah di hapus untuk selamanya ...percayalah sama korona drpda prcya sama Allah swt

  96. Taufiq Putra

    Taufiq Putra3 bulan yang lalu

    Hai kadru gubenur tukang ngibul dan koropsi duit rakyat kok kebal hukum ya ada apa kpk dan aparat ini ? Kok pada takut nangkap anes mana hukum indonesia yg di bangga2 kan ?

  97. Arjuna Sostrobahu

    Arjuna Sostrobahu3 bulan yang lalu

    Ayo dong pada keluar..jangan pada ngumpet.. tunjukan keberanian kalian 🙏🙏

  98. Rudy Cynaga

    Rudy Cynaga3 bulan yang lalu

    @Chaha yow masyarakat jakarta sudah merasakan kepemimpinannya dong. Tapi sayangnya hanya merasakan kepimpinannya yg porak poranda dan penambahan pengadaan kolam renang bersekala tinggi ( banjir ). 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

  99. Johan Cs

    Johan Cs3 bulan yang lalu

    Dari ZAMAN KUDA GIGIT besi(delman) sampe skrg kudanya jadi BESI(motor) AKTE, bayar PNS,bayar PABRIK, bayar JABATAN, bayar POLISI, bayar ( REAL d FAKTA, tanyakan teman,tetangga,saudara,masyarakat) contoh kecil PERIHAL : KTP (jelas jelas langsung berhadap dgn rakyatnya) Bisa berbulan bulan, bahkan bertahun tahun. pake DUIT, 3 hari jadi. Karna BANYAK OKNUMNYA yg menggunakan berbagai macam CARA...............agar rakyat MEMBAYAR LEBIH dari apa yg ditetap PERATURAN/ HUKUM yg berlaku. Apalagi ANGGARAN PEMERINTAH yg tak diketahui masyarakatnya! Habis di....... Karna DISEGALA LINI, ASPEK, dan BIDANG LEMBAGA NEGARA INI ( PARTAI,ormas,dpr,dprd,kementrian,BUMN,bumd,kejaksaam,pengadilan,BIROKRASI,polri,tni,gubenur,bupati,camat,lurah,rw,rt,calo,preman dll) Banyak OKNUMNYA yg BEKUASA KORUP. bagaimana menurut ANDA🙏🙏🙏

  100. Chaha yow

    Chaha yow3 bulan yang lalu

    Anda kenapa ya? Kan di meja hijau harus jelas ngibulnya yang mana, cobalah Anda lapor sendiri, buktikan di meja pengadilan. Sepertinya masyarakat Jakarta seluruhnya merasakan kepemimpinan beliau, mulai dari pembenahan trotoar, revitalisasi taman-taman, dll.

  101. Kosim Nur

    Kosim Nur3 bulan yang lalu

    Tolong pak anis boleh kan orang mudik

  102. Semoga Sukses

    Semoga Sukses3 bulan yang lalu

    Boleh sblm tgl 6 mei kan

  103. satria duta

    satria duta3 bulan yang lalu

    mengurangi pergerakan mati ga bisa makan kampang peler

  104. Sidik Setiyadi

    Sidik Setiyadi3 bulan yang lalu

    Pak Anies pasti bolehkan mudik...asal ke Kampung Melayu...Kampung Brandan..kampung utan....dll

  105. Kopral Pral

    Kopral Pral3 bulan yang lalu

    Satu lagi belum kampung rawah..

  106. La Bold

    La Bold3 bulan yang lalu

    kampung sawah

  107. KADRUN TOLOL

    KADRUN TOLOL3 bulan yang lalu

    kawal terus karup formula E

  108. Ali Alkatiry

    Ali Alkatiry3 bulan yang lalu

    Sing penting mudik....

  109. Ali Alkatiry

    Ali Alkatiry3 bulan yang lalu

    Penghargaan jawabanya...jd g usah nyinyir mulu....yee kpn lo pd tobat

  110. Wong Ndeso pol

    Wong Ndeso pol3 bulan yang lalu

    Woi ngapain lo kesini gimana kabar formulaE dan dp 0% nis

  111. Jarwoko Doyok

    Jarwoko Doyok3 bulan yang lalu

    Gak ngurusi iku penting isok mudik

  112. 15_M. Fariz Zulfikar

    15_M. Fariz Zulfikar3 bulan yang lalu

    Buktikan dong..

  113. Lenovo Pmg

    Lenovo Pmg3 bulan yang lalu

    Kata2 nya cerdas ,,membuat berfikirr ,,,dan mengendalikan egoo

  114. Angga Tri S.

    Angga Tri S.3 bulan yang lalu

    Hormati kebijakan pemerintah demi kebaikan bersama :)

  115. Doni Donald

    Doni Donald3 bulan yang lalu

    Keburukan bukan kbaikan..

  116. Muhali Ali

    Muhali Ali3 bulan yang lalu

    *KEBAIKAN* .......... Mata Luh PICEK Yaaaa.......

  117. Yuni Fitria Channel

    Yuni Fitria Channel3 bulan yang lalu

    Guoblok

  118. Jarwoko Doyok

    Jarwoko Doyok3 bulan yang lalu

    Lucu Lo kata kata anda

  119. mr bean doang

    mr bean doang3 bulan yang lalu

    Pemerintah tokay..

  120. desma wati

    desma wati3 bulan yang lalu

    Kasih kelonggaran donk pak anis buat mudik

  121. Junaedi Junaedi

    Junaedi Junaedi2 bulan yang lalu

    @CMS 456 betul banget tuh

  122. Rudy Cynaga

    Rudy Cynaga3 bulan yang lalu

    @CMS 456 apa buktinya pak anies ngasih masukan kepemerintahan pusat yg berujung dimusuhi ??? Pandai-pandainya anda mengarang cerita ya,coba kasih bukti omongan anda tersebut !!!

  123. CMS 456

    CMS 4563 bulan yang lalu

    @Rudy Cynaga bro dari dulu juga pak anis udh sring ngasih masukan ke pemerintah pusat tapi apa di denger?engga kan yg ada malah di musuhin di bilang ini lah di bilang itu lah, Nanti gilirang pak anis ambil keputusan sendiri lu orang juga yg nyerang pak anis.benernya pak anis aje masih lo orang anggap salah apa lg klw pak anis salah bisa abis²an di bully sama lo orang

  124. desma wati

    desma wati3 bulan yang lalu

    Lebaran th depan aja belom tentu mereka bisa menjamin covid ilang. Mau jadi apa ini negara

  125. Rudy Cynaga

    Rudy Cynaga3 bulan yang lalu

    @CMS 456 dia kan bisa mengusulkan dan memberi masukan kepemerintah pusat. Masak smua pasrah tergantung dari pemerintah pusat.. Jadi guna dia untuk apa? Smua org bisa menggantikan kedudukan dia jika hanya menunggu dan menjalankan kebijakan dari pusat.. Tidak smua keputusan pemerintah daerah harus mengikuti keputusan pemerintahan pusat. Pemerintah daerah juga harus tahu ambil keputusan.

  126. apuy rezim

    apuy rezim3 bulan yang lalu

    Kox belum ada yg koment😂

  127. Andrie

    Andrie3 bulan yang lalu

    Mls

  128. BlessedLucky Official

    BlessedLucky Official3 bulan yang lalu

    Sudah loh boss. Kamu 😅